Tuesday 28 January 2020

BEZA NEGARA ISLAM DENGAN KAFIR


Di dalam kitab As-Siyasah asy-Syariyyah karya Syaikh Abd al-Wahhab Khalaf menjelaskan, “Darul-Islam adalah negeri yang diberlakukan di dalamnya hukum-hukum Islam dan keamanan negeri itu di bawah keamanan kaum Muslim, sama saja, apakah penduduknya muslim atau zimmi. Adapun dar al-harb adalah negeri yang tidak diberlakukan di dalamnya hukum-hukum Islam dan keamanan negeri itu tidak dijamin oleh kaum muslim.

Syaikh Taqiyyuddin an-Nabhani memperincikan apa yang dijelaskan di dalam kitab As-Siyasah asy-Syariyyah itu sebagai berikut:

Penetapan suatu negeri termasuk Darul Islam atau darul al-kufur harus memperhatikan dua perkara.

Pertama: hukum yang diamalkan di negeri itu adalah hukum Islam. Kedua: keamanan di negeri itu harus dijamin oleh kaum muslim, yakni kekuasaannya.

Jika suatu negeri memenuhi dua perkara ini maka ia disebut Darul Islam dan negeri itu telah berubah dari darul kufur menuju Darul Islam. Akan tetapi, jika salah satu unsur itu lenyap maka negeri itu menjadi darul kufur.

Negeri Islam yang tidak menerapkan hukum-hukum Islam adalah darul kufur. Begitu pula sebaliknya, jika negeri Islam menerapkan hukum-hukum Islam, namun keamanannya tidak dijamin oleh kaum Muslim, yakni kekuasaannya, namun dijamin oleh kaum kafir, maka negeri itu termasuk darul kufur.

Oleh kerana itu, seluruh negeri kaum muslim sekarang ini termasuk darul al-kufur. Alasannya, negeri-negeri itu tidak menerapkan hukum Islam. Suatu negeri juga tetap disebut darul kufur seandainya di dalamnya kaum kafir menerapkan hukum-hukum Islam atas kaum Muslim, namun kekuasaannya dipegang oleh kaum kafir. Dalam keadaan semacam ini, keamanan negeri itu di bawah keamanan kafir, dan secara automatik ia termasuk darul kufur.  

Menurut Dr. Mohammad Khair Haekal, dari pendapat-pendapat di atas, pendapat yang paling rajih adalah pendapat yang menyatakan, bahawa Darul Islam adalah negeri yang sistem pemerintahannya adalah sistem pemerintahan Islam (diatur dengan hukum Islam) dan pada saat yang sama, keamanan negeri tersebut, baik keamanan dalam dan luar negeri, berada di bawah kendali kaum muslim.

No comments:

Post a Comment